Melangkahkan kaki ke tanah suci merupakan sebuah kewajiban saat Anda sudah merasa mampu, tetapi jangan sampai Anda hanya menginjakkan kaki dan tidak khusyuk beribadah. Khusyuk ibadah umroh di tanah suci bisa diatur melalui biro perjalanan haji dan umroh plus. Selama umroh, Anda akan melakukan ibadah selama 7-9 hari tetapi kami ada paket menarik plus Turki untuk Anda yang ingin mengunjungi warga muslim di Turki setelah menjalani ibadah Umroh Plus Turki.

Memilih paket Umroh Plus Turki jangan sampai Anda lupa untuk mencicipi hidangan timur tengah yang halal dan rasanya enak. Apa saja sih menu khas Turki?

  1. 1. Lahmacun

Lahmacun adalah pizza ala Turki yang bentuknya bulat dan diberikan toping daging domba, sayuran, keju, bawang bombay, daun peterseli, dan tomat. Berbeda dengan pizza ala italia yang tebal, kalau lahmacun ini lebih tipis dan topingnya lebih lembut. Disajikan dengan digulung sebagian agar terlihat nilai seninya, dan cocolan saos sambal tergantung selera. Biro perjalanan umroh terpercaya terkadang juga menyajikan menu ini di hotel.

  1. 2. Simit 

Adalah makanan yang berasal dari tepung dan halal untuk dikonsumsi. Ciri khas dari simit adalah bentuknya yang melingkar seperti gelang dan diberi taburan wijen di sekelilingnya hingga matang. Saat dimakan, roti ini terasa lebih kering daripada roti basah pada umumnya. Pedagang Turki biasanya akan menjual simit dengan cara menyusun di atas kepala hingga tinggi. Biro perjalanan umroh terbaik akan menganjurkan Anda untuk membeli menu halal ini.

  1. 3. Lokum

Merupakan manisan ala Turki yang terbuat dari adonan gel pati gula, bentuknya ada yang bulat, lonjong atau kotak. Dibagian luarnya juga ditaburi dengan gula halus dan rasanya pasti manis sekali ya. Untuk Anda yang memiliki sakit gula darah atau diabetes sebaiknya dihindari ya.

  1. 4. Hummus

Buat Anda yang memiliki niatan diet setelah melakukan umroh dari biro perjalanan haji dan umroh terbaik cobalah mampir ke warung yang menjual hummus. Hummus merupakan salad sayuran dengan isian kacang arab, minyak zaitun, air lemon, dan disajikan juga dengan roti pita. Cara menikmati hummus adalah sobek sedikit roti pita dan masukkan ke hummus kemudian kunyah agak lama, rasanya lengkap ada di mulut Anda.

  1. 5. Manti

Buat Anda yang menyukai pangsit ala Turki bisa mencoba manti yang terbuat dari lapisan pangsit dan diisi dengan cacahan daging sapi atau ayam dan rempah. Jika di Indonesia kuah pangsit ini dengan saus kacang atau kuah encer seperti bakso berbeda dengan kuah manti yang disajikan dengan yogurt kental dan mentega. Rasanya lebih meresap karena terdapat banyak rempah seperti bawang bombay dan merica.

  1. 6. Kofte

Adalah lauk khas Turki yang terbuat dari gilingan daging ayam, sapi atau domba. Daging ini dibuat seperti perkedel yang dipanggang, digoreng atau direbus sesuai selera dari penikmat. Sandingan yang paling cocok untuk kofte adalah nasi dan salad saus. Terkadang itinerary umroh plus Turki menu kofte dikreasikan dengan tusuk sate yang pipih dan dinikmati dengan saus mentega sangat digemari oleh jamaah dari Indonesia.

  1. 7. Dolma 

Dolma adalah lemper khas Turki, namun ada sedikit perbedaan ketika membungkus dolma. Lemper ala Indonesia dibungkus dengan daun pisang sedangkan dolma dibungkus dengan daun yang bisa dimakan sekaligus. Isian dari dolma adalah nasi yang dicampur dengan daging cincang dan sayuran. Kemudian diambil satu sendok dan digulung di atas daun yang telah dikukus agar tidak kaku lalu sajikan. Makanan ini bisa Anda coba apabila mengambil paket umroh dan Turki.

  1. 8. Baklava

Merupakan roti dengan rasa manis sekali yang berisi kacang dan ditaburi toping sirup di atasnya. Roti lapis ini khusus ada di Turki, jangan lewatkan baklava dengan rasa super manis ini ya.

  1. 9. Kebab

Kebab merupakan irisan daging kambing atau sapi yang dibungkus dengan roti pipih dan diberikan sayuran di dalamnya. Kebab berasa sangat enak sekali, mungkin mirip dengan burger tetapi dibungkus dengan roti pipih dan sangat mengenyangkan. Kebab adalah makanan halal yang bisa Anda dapatkan di berbagai tempat di warung pinggir jalan Turki.

  1. 10. Borek 

Adalah roti yang digulung dengan lapisan tipis dan berisi daging cincang dan sayuran. cara pembuatannya juga berbeda dengan baklava yaitu direbus dahulu barulah dipanggang.

Setelah Anda tahu makanan halal khas Turki saatnya Anda berkeliling dengan biro perjalanan umroh resmi dengan sejumlah tempat wisata yang apik. Di Turki ada beberapa peninggalan islam yang hingga kini masih terawat dengan baik dan dikunjungi.

  1. 1. The Ulu Mosque

Merupakan masjid dengan kubah berjumlah 20 buah dan ada di kota bursa. Nama lain dari masjid ulu adalah masjid ulu cami. Masjid ini termasuk tempat ibadah umat muslim yang terbesar keempat di Turki dan dahulunya dibangun oleh sultan yildirim bayezid 1 pada tahun 1396 – 1399. Sultan pernah berjanji akan membangun dengan jumlah kubah 20 buah agar menjadi masjid terbesar di bursa.

Ketika Anda berkunjung ke Turki bisa mampir ke masjid ini untuk sholat dan melihat kemegahan legenda masjid yang sudah berumur 600 tahun lebih. Jangan lupa untuk berpakaian sopan ya saat masuk ke sini karena petugas akan menegur Anda apabila terlihat berbusana terbuka.

  1. 2. Topkapi Palace

Jika Anda ingin melihat peninggalan Nabi Muhammad maka bisa mengunjungi istana topkapi. Bisa dibilang bangunan ini adalah museum religi umat muslim karena di dalamnya terdapat banyak situs asli dari Nabi Muhammad. Bangunan ini dibangun oleh sultan mehmet tahun 1470, tetapi berubah fungsi menjadi museum oleh pendiri Turki yang baru yakni Mustafa Kemal Faruk.

Anda bisa melihat tapak kaki dari Nabi Muhammad yang diabadikan oleh sahabatnya kala itu paket umroh dan wisata ke Turki dan tersimpan dengan awet hingga saat ini. Mengunjungi museum ini akan terasa sangat mengharukan karena nabi merupakan umat allah yang hidup dengan sederhana. Hal ini terlihat dari jejak peninggalan perkakas makan yang tidak terbuat dari emas, hanya perak dan tembaga.

  1. 3. The Blue Mosque

Merupakan tempat ibadah umat islam yang telah berdiri sangat lama sekali melebihi 300 tahun. Masjid dengan warna biru dominan ini didirikan oleh Sultan Ahmed 1 pada tahun 1603. Sultan ahmed 1 ini meminta seorang arsitektur handal bernama Mehmed Aga. Jika Anda  masuk ke dalamnya tidak hanya tempat ibadah saja tetapi ada perpustakaan yang berisi buku islam dan sejarah perjalanan islam dari awal hingga akhir di Turki.

Letak masjid ini bersebelahan dengan Hagia Shopia yang dulunya gereja dan saat ini dialihfungsikan sebagai museum. Perlu diperhatikan bahwa saat Anda masuk ke masjid biru ini sebaiknya mengenakan kerudung atau hijab agar tidak ditegur oleh petugas di sana.

Harga umroh plus Turki menjadikan iman Anda semakin kuat apalagi jika dengan mampir ke Turki yang juga memiliki sejarah islam di dalamnya. Ada banyak paket Umroh Plus Turki yang bisa Anda pilih dengan biaya umroh plus Turki mulai dari Rp. 33 jutaan dengan fasilitas hotel bintang 4.