Keberangkatan Umrah Dimulai Akhir Bulan Juli 2022

Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pengajuan visa umrah per 14 Juli. Namun jemaah nantinya baru bisa umrah mulai 30 Juli.
“Alhamdulillah, saya sudah mendapat konfirmasi bahwa pengajuan visa umrah sudah dibuka per 14 Juli 2022,” terang Direktur Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin di Jeddah, seperti dikutip dari situs Kementerian Agama, Minggu (17/7/2022)

Meski demikian, lanjut Nur Arifin, musim umrah untuk peziarah dari dalam dan luar kerajaan Saudi baru akan dimulai pada 30 Juli 2022. “Jadi pengajuan visa dibuka dari sekarang. Keberangkatan, mulai akhir bulan,” jelasnya

Persyaratan pengajuan visa, kata Nur Arifin, antara lain, jemaah harus sudah menyelesaikan vaksinasi Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh otoritas resmi negara masing-masing.

Info selengkapnya terkait syarat pengajuan umrah, dapat dilihat melalui situs web https://haj.gov.sa/ar/InternalPages/Umrah.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Kerajaan Arab Saudi akan mulai membuka layanan untuk jemaah umrah pada 15 Zulhijah 1443 Hijriah atau pada 14 Juli 2022 waktu Saudi dan 15 Juli waktu Indonesia. Hal itu disampaikan Yaqut saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Rabiah di Mina, Arab Saudi.

“Kerajaan Arab Saudi akan mulai membuka layanan untuk jemaah umrah pada 15 Zulhijjah 1443 H,” Kata Yaqut.

Pada kesempatan itu, Yaqut dan Tawfiq turut mendiskusikan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M tahun depan. Keduanya bersepakat terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia.

“Jemaah mendaftar di PPIU (Penyelenggara Ibadah Umrah) dan berhak mendapatkan SPUU dan SPPIU,” tulis Kemenag dalam situs resminya.

Yaqut turut mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. Selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Yaqut terus memperhatikan detail kesiapan petugas dalam melayani jemaah. “Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan pelayanan jemaah haji Indonesia oleh pemerintah Saudi,” kata dia.

Sumber : Detik.com